Top Brand Corporate Digital Award 2021

Perumda Air Minum Kota Makassar Raih Top Digital Corporate Brand Award 2021

 

SuaraPemerintah.ID-PT Perumda Air Minum Kota Makassar raih penghargaan raih penghargaan Top Digital Corporate Brand Award 2021,Special Achievement for BUMN-BUMD. Penyerahan penghargaan dilangsungkan secara virtual melalui e-A warding Ceremony Top Digital Corporate Brand Award 2021 pada Rabu 29 September 2021. Dihadiri ratusan peserta dari berbagai instansi pemerintah, BUMN, dan BUMD di seluruh Indonesia.

Penganugerahan penghargaan diterima oleh Djufri, Kepala Bagian Umum dan Kepegawaian Perumda Air Minum Kota Makassar melalui Virtual.

“Terimakasih kami ucapkan kepada SuaraPemerintah.ID dan TRAS N CO dan telah memilih Perumda Air Minum Kota Makassar sebagai peraih Top Digital Corporate Brand Award 2021.Ini merupakan kerja keras semua karyawan perusahaan, yang sudah berikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Saat pandemi menjadi tantangan kami untuk inovasi,pemanfaatan teknologi dan informasi. Atas nama Dirut PAM Kota Makassar kami mengucapkan terima kasih. Semoga acara ini bisa beri semangat BUMD lainnya diranah digital. Terima kasih atas penghargaannya,” ujar Djufri,saat menerima penghargaan Top Digital Corporate Brand Award 2021 melalui virtual, Rabu (29/09/21)

Sekedar informasi, Perkembangan Perumda Air Minum Kota Makassar telah melaui lintasan sejarah yang cukup panjang. Berawal pada tahun 1924 dengan dibangunnya Instalasi Pengolahan Air I Ratulangi oleh pemerintah Hindia Belanda, Perumda Air Minum Kota Makassar kini semakin besar di bawah sokongan pemerintah Kota Makassar.

Bergerak di bidang pelayanan air minum, Perumda Air Minum Kota Makassar telah memberikan kontribusi yang besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar. Dari tahun ke tahun, Perumda Air Minum Kota Makassar senantiasa meningkatkan pelayanannya baik dari segi kuantitas maupun kualitas air minum yang sehat bagi masyarakat.

Perumda Air Minum Kota Makassar memiliki visi untuk menjadi Perusahaan Air Minum yang SEHAT, UNTUNG, dan TERKEMUKA di Indonesia. Perumda Air Minum Kota Makassar juga ingin mewujudkan perusahaan umum daerah yang MANDIRI, PROFESIONAL, dan Berwawasan Global.

Untuk mewujudkan visinya, Perumda Air Minum Kota Makassar melakukan peningkatan dari segi SDM dan juga berbagai inovasi dalam menghadapi berbagai tantangan global. Di tengah tantangan Industri 4.0, Perumda Air Minum Kota Makassar berusaha menjadi perusahaan yang adaptif sehingga tetap eksis di era destruptif.

Hasil riset di ranah digital menunjukan ada lebih dari 51 ribu ulasan Perumda Air Minum Kota Makassar di internet, serta dicari oleh rata-rata lebih dari 2.400-an pengguna internet setiap bulannya.

CEO SuaraPemerintah.ID Arief Munajad mengatakan bahwa penghargaan Top Digital Corporate Brand Award 2021 sebagai bentuk dukungan agar BUMN, BUMD, dan anak usaha BUMN semakin terpacu untuk mengoptimalkan penggunaan media digital dalam membangun reputasi perusahaan.

“Munculnya pandemi dan era digitalisasi menjadi tantangan harus dihadapi BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN. Di sisi lain, BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN juga diharapkan bisa memberikan peran besar dalam mewujudkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” kata Arief.

Ia mengungkapkan bahwa sebagian besar BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN terlihat sudah aware terhadap adaptasi teknologi informasi. Tidak sedikit BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN telah memanfaatkan fasilitas media digital baik dalam hal pelayanan maupun aktivitas promosi dan branding. Pengunaan media digital tersebut ternyata mampu memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan perusahaan.

“Apresiasi ini sebagai bentuk dukungan kami agar BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN semakin terpacu untuk mengoptimalkan penggunaan media digital dalam membangun reputasi perusahaan,” imbuhnya.

Pada kesempatan sama, CEO TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo, menambahkan, barometer kesuksesan perusahaan BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN dengan cara meningkatkan aktivitas corporate brand di ranah digital atau media online. Disrupsi ekonomi akibat perkembangan teknologi digital dan pergeseran lanskap bisnis dari offline ke online sedang terjadi. Adanya pandemi, disrupsi dan pergeseran tersebut semakin nyata.

“Bagi perusahaan belum memanfaatkan teknologi digital dalam aktivitas bisnisnya akan semakin tertinggal, karena aktvitas pasar saat ini semakin banyak terjadi di ranah digital (online),katanya.

TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia telah merekam beragam digital actitvities corporate brand di dunia digital. Riset dilakukan menggunakan tiga parameter penilaian, yakni, Search Engine Aspect, Social Media Aspect, dan Website Aspect.

Melalui tiga parameter tersebut, pada riset tahun ini mengkhususkan penilaian terhadap corporate brand dari BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN di seluruh Indonesia.

Riset dilakukan pada bulan Mei hingga Agustus 2021 kepada 114 BUMN, 690 BUMD, dan sekitar 400 anak usaha BUMN di seluruh Indonesia.

Selanjutnya berdasarkan index riset digital tersebut, SuaraPemerintah.ID sebagai media berita pemerintah dan ekonomi terdepan dan TRAS N CO Indonesia, memberikan penghargaan kepada perusahaan BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN melalui Top Digital Corporate Brand Award 2021.

“Top Digital Corporate Brand Award merupakan sebuah penghargaan bergengsi bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia yang telah sukses meningkatkan aktivitas corporate brand di ranah digital, sehingga unggul dibanding perusahaan lainnya,” ujar Tri.

Top Digital Corporate Brand Award 2021, kata Tri, merupakan ‘suara netizen’ dalam mencari, membicarakan, simbol popularitas, dan kepercayaan dalam memilih perusahaan di internet.

“Kami berharap, dengan menggunakan logo Top Digital Corporate Brand Award 2021, akan membuat perusahaan semakin mendapatkan kepercayaan dari stakeholder. Apresiasi ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kompetisi bagi perusahaan BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN di ranah digital,” pungkasnya.